Pengutusan Mahasiswa Pelayanan Satu Tahun, Delapan Bulan, Antar Semester dan Tim Kampus INSTITUT INJIL INDONESIA, 13 Mei 2018

Institut Injil Indonesia sebagai salah satu Perguruan Tinggi Teologi terus berusaha menghasilkan hamba Tuhan yang berkualitas. Dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, maka setiap mahasiswa dan tenaga kependidikan wajib melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). PkM yang dilakukan oleh Institut Injil Indonesia salah satunya adalah melayani jemaat dan gereja di berbagai daerah.

Tanggal 13 Mei 2018 telah dilaksanakan Ibadah Pengutusan Pelayanan kepada Mahasiswa maupun Dosen (pelayanan satu tahun maupun pelayanan antar semester). Tema ibadah pengutusan kali ini adalah “Bangkit dan Bersinarlah” dalam Yesaya 60:1 & 2. Sub Tema ibadah ini adalah “Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu. Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu.” Pengkhotbah dalam ibadah pengutusan kali ini dipimpin langsung oleh rektor Institut Injil Indonesia, Pdt. Dr. Gunaryo Sudarmanto, D.Th.

Pada ibadah pengutusan kali ini, jumlah mahasiswa yang diutus untuk melayani selama 1 (satu) tahun sebanyak 62 (enam puluh dua) orang yang terdiri dari mahasiswa Program Studi Sarjana Teologi dan mahasiswa Program Studi Sarjana Pendidikan Agama Kristen. Pengutusan mahasiswa antar semester dibentuk dalam team yang berjumlah 12 team yang terdiri dari Program Studi Sarjana Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Misiologi. Mahasiswa yang diutus untuk melayani selama satu tahun adalah mahasiswa semester 7 dan Pelayanannya dikategorikan ke dalam Pengabdian kepada Masyarakat dan terhitung ke dalam SKS perkuliahan. Hal ini menunjukkan bahwa PkM merupakan kegiatan wajib dilaksanakan oleh sivitas akademika Institut Injil Indonesia. Tempat pelayanan Mahasiswa satu tahun antara lain gereja, lembaga gereja, dan sekolah Kristen yang berada di Indonesia maupun di luar negeri.

Kepada Mahasiswa yang melakukan pelayanan antar semester adalah mahasiswa semester 5. Mahasiswa-mahasiswa tersebut dibimbing oleh dosen senior dalam melakukan pelayanan dengan maksud mahasiswa tersebut dapat melakukan dan melaksanan Pengabdian kepada Masyarakat sejak dini. Pembinaan yang dilakukan oleh para dosen diharapkan dapat semakin memaksimalkan kualitas PkM mahasiswa kepada Gereja, Lembaga Gereja dan Sekolah Kristen.

Tim Kampus merupakan pelayanan praktis yang diberikan oleh lembaga kepada mahasiswa semester tiga. Pelayanan praktisnya antara lain pelatihan-pelatihan, soft skill, dan pembentukan karakter. Pelatihan ini melibatkan lembaga mitra maupun Satuan Kegiatan YPPII guna meningkatkan kualitas pelayanan mahasiswa. Doa dan harapan kita bersama supaya semua pelayanan dapat berhasil dalam ladang pelayanan, selalu memuliakan nama Tuhan, mengandalkan Tuhan saja, dan mengajarkan kebenaran Firman Tuhan dengan kesetiaan.