Akreditasi Institusi Institut Injil Indonesia Oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi

           

 

          Akreditasi Institusi merupakan kewajiban setiap perguruan tinggi di Indonesia. Institut Injil Indonesia sebagai Perguruan Tinggi Swasta di bawah binaan Kementerian Agama dan Kemenristek DIKTI berkewajiban untuk memenuhi tuntutan pemerintah untuk mengakreditasi Perguruan Tinggi.

            Untuk memperoleh akreditasi oleh BAN PT, setidaknya ada 7 (tujuh) standar mínimum yang harus dimiliki oleh setiap Perguruan Tinggi. Institut Injil Indonesia sebagai Perguruan Tinggi Swasta terus berbenah dan mempersiapkan diri untuk dapat lolos dalam akreditasi institusi ini. Setelah membuat pelaporan data Perguruan Tinggi dalam Borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi, Institut Injil Indonesia dianggap layak oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi untuk dilakukan visitasi lapangan. Visitasi lapangan dilakukan oleh BAN PT untuk membuktikan kesesuaian laporan dengan keadaan di lapangan. BAN PT pada kali ini mengutus Dr-Ing. Ir. Danu Ariono dari Institut Teknologi Bandung dan Prof. Hafied Cangara, M.Sc., Ph.D dari Universitas Hasanuddin Makkasar sebagai Tim Assesor Lapangan ke Institut Injil Indonesia pada tanggal 7-9 September 2017.

 

 

            Pada saat kunjungan, para assesor melakukan wawancara dengan para pimpinan, Dosen, karyawan, mahasiswa dan alumni Institut Injil Indonesia. Wawancara kali ini terasa sangat hangat karena Prof. Hafied Cangara, M.Sc., Ph.D yang merupakan pakar Komunikasi di Indonesia dapat membawa suasana visitasi menjadi nyaman dan hangat.

 

 

            Di sela-sela kunjungan, para asesor BAN PT menyempatkan waktu untuk berkeliling di kompleks Institut Injil Indonesia. Para asesor terlihat senang sekaligus takjub melihat suasana kompleks yang sejuk, ramah, bersih dan tertata rapi. Keadaan ini merupakan wujud keharmonisan dan kekeluargaan yang terjalin erat antara YPPII Batu sebagai Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta dengan Institut Injil Indonesia. Dukungan oleh YPPII Batu memberikan dampak positif bagi Institut Injil Indonesia dalam membentuk karakter dan kualitas mahasiswa di Institut Injil Indonesia.

 

 

            Dampak atas kunjungan BAN PT ke Institut Injil Indonesia, maka I-3 sebagai Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia secara resmi terakreditasi.Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan BAN PT Nomor: 7/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2018 yang diterbitkan oleh BAN PT pada 24 Oktober 2017. Segenap sivitas akademika Institut Injil Indonesia mengucap syukur kepada Tuhan kita Yesus Kristus, segenap stakeholder, dan alumni yang tidak pernah berhenti mendukung dan mendoakan Institut Injil Indonesia. Kiranya lewat pengakuan BAN PT kepada Institut Injil Indonesia sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang berfokus kepada pembentukan para hamba Tuhan dapat membuat Institut Injil Indonesia lebih baik dan lebih bermanfaat bagi Tuhan, masyarakat, dan Gereja.